Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh Inspirasi - Bob dan Telur Ayam Busuk

tokoh inspirasi bob sadino


Geffenia, Terlahir dalam keadaan keluarga berkecukupan tidak membuat Bob justru berfoya foya dengan kehidupan glamour justru Bob memilih untuk berkeliling dunia, Baginya kehidupan dalam gambarannya seperti kehidupan fantasi yang pernah dia ucapkan "saya hidup dalam fantasi"

kisah perjalanan Bob Sadino

Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933, sering disapa dengan panggilan om Bob seorang pengusaha sukses Indonesia dalam bisnis pangan dan peternakan, pemilik Kemfood dan Kemchick ini berpenampilan sangat sederhana yang sempat dikira sebagai petugas kebersihan oleh salah satu pencari pekerjaan.

Bob anak bungsu dari lima bersaudara ketika berumur 19 tahun orang tuanya meninggal dan mewarisi seluruh harta kekayaan karena saudara kandung yang lainnya sudah berkehidupan mapan.

Bob mulai menjalani kehidupan fantasinya menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia dan menetap di eropah, Belanda, selama 9 tahun Bob juga sempat bekerja di Djakarta Lylod Amtersdam dan di Hamburg, Jerman dan akhirnya bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed saat masih di Belanda.

Kembali membawa keluarga ke Indonesia

Sekian lama tinggal di eropah, Bob berpikiran untuk kembali ke tanah air, tahun 1967 Bob akhirnya membawa keluarganya kembali ke Indonesia beserta 2 unit Mercedes miliknya. Sesampai di Indonesia Bob membeli tanah di daerah Kemang, Jakarta Selatan dari hasil menjual 1 unit mobilnya dan 1 unit lagi dia simpan untuk disewakan sekaligus Bob menjadi supirnya.

Beberapa lama tinggal dan bekerja di Indonsia, Bob akhirnya memutuskan untuk bekerja mandiri, sisa 1 unit Mercedesnya dia sewakan namun sayangnya ketika itu dia mendapatkan mengalami kecelakaan sehingga mobilnya rusak parah.

Kondisi keuangan Bob saat itu sangat kristis dan tidak mampu untuk memperbaiki mobil tersebut memilih pekerjaan sebagai kuli batu dengan bayaran Rp.100 meskipun istri Bob adalah seorang seketaris diluar negeri yang bisa membantu tapi Bob mempunyai prinsip yang kuat," Saya kepala keluarga, Saya yang mencari nafkah".

Telur ayam busuk dan ibu cerewet

Dalam keadaan despresi, Bob bertemu dengan kenalannya, Sri Mulyono Herlambang yang memberikan 50 ekor ayam serta menyarankan untuk berternak ayam, Bob akhirnya pun tertarik.

Ada satu kisah yang sampai saat ini menjadi legendaris, sebuah trik bisnis Bob yang mungkin semua pelaku bisnis enggan untuk mengikutinya namun justru dengan trik ini menjadi permulaan bisnis nya semakin luas dan terkenal.

Suatu ketika Bob sedang menjajakan telur ayam di daerah Kemang secara door to door dan mulai mempelajari peluang pasar di daerah tersebut akhirnya Bob mendapat informasi jika di kawasan tersebut ada ibu-ibu yang sangat cerewet kemudian dari sinilah ide briliannya muncul.

Keesokan harinya Bob menawarkan satu promo garansi yaitu jika ada 1 telur yang busuk maka akan di ganti dengan 10 telur kepada ibu ibu cerewet tersebut, alih alih memberikan telur bagus, Bob malah sengaja menyisipkan 2 telur busuk.

Hal yang sudah di bayangkan pun terjadi, ibu ibu cerewet itu memaki habis habisan karena mendapatkan 2 telur busuk, Bob dengan sikap tenang lalu meminta maaf serta mengganti 2 telur ayam busuk itu sebanyak 20 telur ayam yang bagus.

Berawal dari cerita ibu ibu cerewet dari mulut ke mulut berangsur angsur jangkauan pasar penjualan telur ayam Bob semakin luas dan melebar, Bob berhasil mengambil simpati pelanggan dan menciptakan pasar yang meluas. 

Seiring penjualan semakin meningkat dan permintaan pembeli semakin tinggi, Bob akhirnya membuka usaha baru yaitu penjualan daging segar dan olahan serta sayuran segar hidroponik.

Catatan awal pada tahun 1985, dua pabrik olahan Bob, Kemfood dan Kemchick menunjukkan rata rata perbulan menjual 40-50 ton daging segar, 70 ton daging olahan serta 100 ton sayuran segar.

Inspirasi untuk saya, sobat dan semuanya.

Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuan namun dia langsung terjun ke lapangan, Semua kesuksesan itu pasti ada jatuh bangunnya begitu juga dengan Bob yang mampu bertindak secara trampil dan menguasai bidangnya hingga mampu mendirikan 2 perusahaan besar dan masih berjalan hingga kini.

Semoga kisah nyata tokoh inspirasi Bob Sadino bisa memberikan sobat semangat, disiplin, komitmen dan jeli dalam menjalankan apapun bidang usaha sobat agar meraih titik tujuan yaitu kesuksesan.

"Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri, saat usahanya maju orang goblok memperkerjakan orang pintar" - Bob Sadino (1933-2015)

penulis: Bintang Sihombing
Mohon sertakan nama situs jika anda mengambil konten blog ini