Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Game Tawarkan Fitur Kesenangan

penyebab orang bermain game
Geffenia, Beberapa hari yang lalu saya melewati sebuah ruko dan memperhatikannya, sebenarnya bukan rukonya yang saya amati tapi isi dalamnya. Saya melihat ada sebuah mesin video game jadul yang dimainkan dengan cara memasukkan koin, jaman saya sih dulunya dengan uang koin rp.100 perak.

Kemudian saya pun menukar 10 koin dengan harga 1 koin itu rp.500 dan yang membuat saya tertarik itu karena jenis game tersebut menjadi favorit sejak dulu, teringat masa kecil untuk memainkan game itu harus rela antri tunggu giliran kadang bisa 1 jam-an loh.

Game Dengan Daya Pikatnya

Di artikel ini saya pun mau membahas kenapa orang sekarang cenderung menghabiskan waktunya hingga berjam jam untuk bermain game apalagi sekarang game android sangat banyak diminati.

Meskipun banyak penelitian telah dilakukan mengenai kemungkinan efek kesehatan negatif dari game, tapi tidak sering disorot efek positif dari game, apa yang begitu menarik tentang game, dan mengapa kita bermain dan terus bermain. Namun, banyak penelitian telah dilakukan yang menunjukkan faktor-faktor kunci dari apa yang memotivasi kita untuk bermain game.

Komponen Yang Membuat Orang Terlarut Dalam Game

Pengalaman saya dalam dunia game meskipun berbeda dengan gamer lain tapi menurut saya ketika sedang memainkan sebuah teknologi game tercipta satu langkah awal untuk mempelajari tujuan yang menimbulkan beberapa komponen, sebagai berikut:
  • Komponen pencapaian: yaitu meliputi keinginan untuk maju dalam permainan, minat pada aturan dan sistem permainan, dan keinginan untuk bersaing dengan orang lain.
  • Komponen sosial: yaitu keinginan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, suka mengobrol dan membantu pemain lain, dan keinginan untuk menjadi bagian dari usaha kelompok. 
  • Komponen immersion: yaitu membuat dan menyesuaikan karakter untuk bermain dalam cerita unik game tersebut serta ingin melarikan diri dari kehidupan nyata. 

Tapi pasti ada alasan lain mengapa kita sangat suka game, bukan?

Game menawar fitur seperti kesenangan dan relaksasi yang diperoleh dari permainan tersebut, tidak memiliki batasan seperti yang mungkin dimiliki dalam kehidupan nyata meskipun ada beberapa game yang memiliki persaingan tingkat level, equipment, kelompok guild namun tidak menjadi keharusan.

Game juga memiliki bagian sosial yang sangat penting. Terutama dalam multiplayer dan game online, jika seseorang telah mencapai banyak hal, mendapat pengakuan, atau telah membuat banyak koneksi dengan pemain, itu juga menjadi faktor alasan mengapa kita terus bermain game.

Game dan Psikologis

Terakhir, mari kita cermati beberapa efek positif dari bermain game. Penelitian telah menunjukkan bahwa dibandingkan dengan non-gamer, gamer memiliki koordinasi visual-motorik yang lebih baik, representasi spasial, keterampilan ikonik, dan perhatian secara visual. 

Selain itu, baru-baru ini ada perubahan fokus secara serius di dunia game, di mana orang-orang tertarik menggunakan game selain hiburan tujuannya terkait dengan membantu masalah di bidang seperti perawatan kesehatan, pendidikan dan lainnya. 

Jadi, terlepas dari apa yang orang tua kita katakan kepada kita, sepertinya semua waktu yang kita habiskan untuk bermain game bukanlah pemborosan. Tidak hanya menyenangkan dan santai, tetapi game mulai mengubah dunia dengan caranya sendiri.

penulis: Bintang Sihombing
Mohon sertakan nama situs jika sobat mengambil konten blog ini