Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Podcasting di YouTube ? Baca Sebelum Kamu Memutuskannya

peluang usaha podcasting di youtube
Geffenia, Saya ingin artikel ini berfungsi sebagai sumber untuk membantu orang membuat keputusan apakah sobat harus memulai Podcast di Youtube atau tidak. 

Saya berasumsi bahwa sobat pernah mendengar tentang podcasting dan memahami apa itu podcasting. Artikel ini akan menjelaskan apa, bagaimana, kelebihan dan kekurangan podcast di Youtube hingga peluang penghasilan.

Apa itu Podcast?


Podcasting atau podcast adalah cara lain untuk menyampaikan pesan unik secara universal dan di depan audiens target kita secara episode. Podcast bukanlah tempat curhat masalah kita layaknya seperti twitter. Podcast bukanlah tempat di mana kita dapat meletakkan foto keponakan kecil kita seperti di Facebook.

Podcast memberi sobat kesempatan untuk menjangkau seluruh segmen audiens target yang belum tersentuh dalam bentuk episode. Ini juga memberi sobat kesempatan untuk membuat hubungan yang lebih dalam dengan audiens yang ada.

Sebelum podcast terkenal dalam konten video di Youtube jauh hari sebelumnya sudah tersebar di beberapa platform seperti iTunes dan Spotify namun dalam bentuk konten audio.

Bagaimana membangun sebuah Podcast ?


Pernahkah sobat bertanya apakah harus mengupload podcast ke YouTube?
Ya, alangkah baiknya jika semua orang berbondong-bondong ke podcast sobat untuk menonton episode kita. Lalu bagaimana caranya ?

Jika sobat menginginkan audiens yang banyak, podcast sobat harus dapat diakses. Inilah alasan praktik terbaiknya adalah mengupload acara sobat ke sebanyak mungkin platform, contohnya seperti mendengarkan podcast audio yang ada di Spotify dan iTunes. Demikian pula, sobat juga harus mempublikasikan podcast ke salah satu repositori konten terbesar yaitu, YouTube.

Jika sobat mengupload podcast ke YouTube dapat melipatgandakan ukuran jejak digital acara episode lebih dari dua kali lipat. Akan memberi sobat eksposur pada platform Youtube yang dijelajahi miliaran orang setiap hari. Merupakan cara utama untuk membiarkan pemirsa mengonsumsi konten sobat di mana pun mereka berada.

Memulai Podcast di Youtube

Podcast tanpa video tidak mendapatkan banyak kesuksesan di YouTube, dan biasanya memiliki tingkat keterlibatan audiens yang sangat rendah. Akan tetapi, orang-orang di YouTube lebih menyukai hiburan, musik, budaya pop, dan video panduan. 

Banyak podcast di luar kategori ini juga mengalami kesuksesan di YouTube, jadi jangan berpikir konten sobat tidak bisa berhasil karena genre-nya. Intinya adalah, orang-orang pergi ke YouTube untuk mendapatkan konten video yang menarik. 

Menempatkan podcast sobat di YouTube memiliki beberapa potensi manfaat apa pun kategori acaranya. Contohnya podcast Deddy Corbuzier dengan konten video episode yang melibatkan orang penting, artis, youtuber, para motivator, hingga streamer jadi tidak mengherankan jika subcriber nya mencapai 14jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan podcast di Youtube

Sebelum menambahkan langkah lain dalam alur kerja podcasting di Youtube, penting untuk mengetahui apakah itu sepadan dengan waktu, uang, dan energi sobat.

Kelebihan podcast di Youtube

  • Memberi sobat akses ke audiens berbeda yang mungkin tidak menonton acara kita artinya YouTube menarik audiens dengan preferensi media serta memiliki basis audiens. Memanfaatkan basis audiens yang lebih besar berarti lebih banyak pendengar potensial, dan lebih banyak peluang untuk mengembangkan acara sobat.
  • Sobat dapat berinteraksi dengan audiens di bagian komentar. YouTube membuat proses keterlibatan dengan audiens jauh lebih mudah dan memberikan feedback bagi sobat.
  • Meta-data YouTube dapat membantu peringkat pencarian di Google. SEO YouTube melibatkan penggunaan tag, judul, dan deskripsi yang tepat, serta penggunaan transkrip, untuk membuat peringkat saluran lebih tinggi di mesin pencari.


Ingat, YouTube memiliki mesin pencari sendiri dan situs kedua yang paling banyak digunakan setelah Google. Memperhatikan metadata video dapat membuat podcast kita lebih mudah ditemukan oleh audiens baru.

  • Analitik Youtube menawarkan data yang tidak bisa kita dapatkan di tempat lain. YouTube memiliki akses ke lebih banyak poin data mengenai siapa pemirsa sobat, bagaimana mereka menemukan acara sobat, dan berapa lama mereka menonton sebuah episode.

Kekurangan podcast di Youtube

  • Diwajibkan untuk meningkatkan keterlibatan penonton. YouTube adalah pengalaman media yang lebih pasif, dan mereka yang menggunakan media tersebut kemungkinan besar akan berhenti menonton podcast jika sobat tidak memikatnya dari awal, atau jika kontennya terlalu panjang.
  • Kemungkinan pengembalian investasi modal yang rendah, meskipun memasukkan podcast sobat di YouTube dapat membantu peringkat di mesin pencarian namun cukup lama memakan waktu dikarenakan YouTube menggunakan banyak faktor saat menentukan peringkat popularitas video seperti simpan video, suka, komentar, subcribe dan rasio klik tayang. Jika video podcast sobat tidak menarik perhatian audiens seperti diatas maka manfaatnya sama sekali tidak akan terlihat.
  • Membutuhkan lebih banyak uang & peralatan yang memadai. Memulai saluran YouTube dapat berarti investasi tiga hingga empat kali lipat biaya untuk memulai podcast seperti sebuah studio, alat audio dan perekaman yang bertarif harga sangat mahal.
  • YouTube analitik jauh dari kata sempurna. Mengandalkan analitik YouTube dapat menyebabkan podcaster teralihkan dari apa yang membuat podcasting yang hebat, maksudnya adalah pemirsa dapat menonton video kita selama 30 detik, dan itu akan muncul sebagai tampilan. Sementara podcast video dengan 30.000 tampilan tampak mengesankan, yang paling penting adalah berapa lama pemirsa menonton video tersebut. Lebih baik memiliki lebih sedikit pemirsa yang tetap terlibat daripada ribuan pemirsa yang berhenti menonton dalam dua menit pertama.

Peluang Bisnis

Sebelum memutuskan untuk menempatkan podcast di YouTube, pastikan sobat memiliki waktu dan modal yang cukup besar untuk berinvestasi mempersiapkan peralatan yang sobat butuhkan untuk menghasilkan video berkualitas agar channel sobat bisa menjadi penghasilan secara finansial.

Jadikan channel YouTube sobat sebagai tempat berinteraksi dengan audiens agar hasilnya lebih maksimal tentukan jangkauan audiens yang lebih luas dan terarah maka peluang bisnis pun lebih mudah di raih karena pada saat ini kompetitor podcast youtube bisa dibilang masih sedikit

penulis : Bintang Sihombing
Mohon sertakan nama sumber terkait jika sobat mengambil isi konten blog ini