Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Domain Age Pengaruh SEO dan Peringkat Google

 

domain-age-pengaruh-seo-dan-peringkat-google

Geffenia, Jawaban singkat untuk pertanyaan tersebut adalah ya, Domain age merupakan faktor penting SEO untuk peringkat Google sobat. Di antara ratusan faktor pembobot yang dipertimbangkan Google dalam menentukan peringkat hasil mesin pencarian adalah usia domain - dengan kata lain, sudah berapa lama domain itu ada.

Perlu diperhatikan bahwa usia domain tidak hanya mengacu pada berapa lama sobat telah memiliki nama domain tersebut, melainkan berapa lama sejak Google pertama kali mengindeks domain tersebut, atau melihat tautan ke domain tersebut.
 

Pasti dong, hanya karena sebuah domain telah didaftarkan selama 10 tahun lalu bukan berarti bahwa Google menganggapnya 10 tahun itu telah menjadi domain situs yang di indeks oleh Google.

Dengan kata lain, domain yang telah didaftarkan selama 10 tahun tetapi tidak memiliki situs aktual, atau tidak pernah ditemukan Google, sama dengan domain yang sobat beli kemarin.

Seberapa Penting Domain Age untuk SEO & Peringkat di Google?

Ada sejumlah perdebatan tentang seberapa penting Domain Age bagi kemampuan sobat untuk mendapatkan peringkat yang baik, tetapi pengujian dan pengalaman oleh profesional SEO memberikan gambaran yang cukup jelas bahwa Domain Age yang lebih tua bersaing lebih mudah untuk mendapatkan peringkat yang sedikit lebih baik. 

Faktanya, Google bahkan telah melangkah maju untuk memberi tahu sedikit tentang pentingnya Domain Age, meskipun seperti biasa Google masih sedikit terbuka dengan riset bahwa pernyataan itu memang benar adanya.

Berikut dasar yang sobat harus ketahui :

  • Domain Age adalah faktor dalam menentukan peringkat Google, dan bagian dari SEO itu sendiri.
  • Situs mengalami penurunan nilai secara signifikan selama beberapa bulan pertama setelah Google pertama kali terindex. 
  • Menjadi sebuah tantangan untuk mendapatkan kembali peringkat yang baik dengan kata lain kompetitif dalam beberapa bulan pertama tersebut. Faktanya, beberapa profesional SEO tidak akan bekerja dengan domain baru.

Apa yang dikatakan Matt Cutts dari Google tentang Domain Age ?

Menurut Matt Cutts dari Google, perbedaan antara domain yang berusia 6 bulan dan 12 bulan sangat kecil.

“Perbedaan antara domain yang berusia enam bulan vs satu tahun sebenarnya tidak terlalu besar. Selama domain Anda sudah ada setidaknya selama beberapa bulan, Anda harus bisa memastikan bahwa domain dapat muncul di hasil penelusuran. ”

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan di sini adalah bahwa Matt tidak mengatakan bahwa Domain Age sangat penting dan bukan juga berarti domain usia muda tidak akan bisa untuk mendapatkan posisi di mesin pencarian.

Ada segelintir orang di luar sana yang bersikeras bahwa ini masalahnya, faktanya, Matt dengan jelas menunjukkan bahwa domain yang berusia muda akan berjuang untuk mendapatkan peringkat, bukan berarti dengan usia domain diatas 10 tahun tetap berada dipuncak mesin pencarian.

Tetapi seperti semua hal bisa terjadi di dunia SEO, usia domain hanyalah salah satu dari banyak hal, dalam arti yaitu faktor dan tentu saja bukan salah satu faktor terbesar (faktor pengoptimalan pada halaman dan backlink). 

Domain Age sedikit banyak memiliki pengaruh dan keunggulan, tetapi pentingnya Domain Age sering disalahartikan dengan fakta bahwa Domain Age juga cenderung memiliki lebih banyak backlink bahkan backlink secara alami.

Kesimpulan

Apabila sobat menganggap usia sebuah domain menjadi faktor utama dalam mencapai pencarian di halaman pertama google, saran saya lebih baik sobat beralih ke Domain Age untuk lebih mudah meraih peringkat teratas di pencarian Google tapi bukan berarti domain baru tidak bisa hanya saja cenderung butuh ekstra kerja keras.

penulis: Bintang Sihombing
Mohon sertakan nama situs jika sobat mengambil konten blog ini