Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Dampak Media Internet Mengubah Dunia

tiga cara internet mengubah dunia dan menciptakan kehidupan baru
Geffenia, Kemajuan pesat internet telah menciptakan perubahan yang signifikan dan tidak diragukan lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Dampak media internet terhadap masyarakat terasa di hampir semua hal yang kita lakukan - mulai dari memesan pizza hingga memulai hubungan romantis. Ini telah memengaruhi cara kita berkomunikasi, cara kita belajar tentang peristiwa global, dan bahkan cara otak kita berfungsi.

Pada titik ini, masyarakat berlomba untuk mengikuti perkembangan teknologi jaringan, menciptakan evolusi sosial yang memengaruhi cara kita merayakan peristiwa kehidupan yang berkesan. 

Dari pernikahan hingga wisuda hingga kelahiran bayi, tidak dapat disangkal bahwa cara kita merayakan dipengaruhi oleh jaringan. Berikut ini beberapa cara Internet mengubah cara kita mengatur, berpartisipasi, dan mendokumentasikan aspek terpenting dalam hidup kita.

Dampak internet pada masyarakat

Kita memperlakukan hubungan dengan cara beda

Internet telah memengaruhi cara kita membentuk dan memelihara hubungan dengan teman, keluarga, pasangan romantis, dan kenalan. Sekarang kita dapat berinteraksi satu sama lain dan terus memperbarui kehidupan kita dengan lebih mudah daripada di masa lalu.

Misalnya, media sosial memungkinkan orang untuk terus memperbarui tentang kehidupan mereka. Membagikan foto, video, postingan teks, dan banyak lagi, kita menampilkan diri kepada semua orang di sekitar, memungkinkan untuk tetap berhubungan dari waktu ke waktu dengan orang-orang yang kita sayangi. 

Kecenderungan internet sedikit banyak juga "mempromosikan" kehidupan kita, ke mana kita pergi setelah lulus dari sekolah, siapa yang kita nikahi, siapa anak kita, dan bahkan di mana kita tinggal.

Hal ini dapat menciptakan rasa kemudahan baru yang tidak ada di masa lalu, karena orang merasa bahwa mereka tahu semua yang perlu diketahui tentang orang-orang dalam hidup mereka. 

Namun pada gilirannya, telah menurunkan signifikansi peristiwa kehidupan pribadi jika kita semua tahu apa yang orang lain lakukan lalu mengapa menghabiskan uang dan waktu untuk perjalanan hanya untuk bertemu dengan seseorang ?

Semuanya berbasis individual massa

Awal abad ke-21 kenaikan peningkatan terlihat sangat besar di media sosial dan platform komunikasi interaktif lainnya. 

Revolusi ini membalikkan cara kita berpikir tentang peristiwa kehidupan pribadi karena fakta bahwa dengan internet, kita memiliki akses ke berbagai macam ide dan pilihan dan sekarang semua orang bebas berpendapat.

Pertama, saat kita tumbuh dan terhubung secara global, ada lebih banyak perubahan budaya dan tradisi yang dibagikan daripada sebelumnya. 

Dahulu budaya tersebar melintasi lautan dan perbatasan satu daerah, namun sekarang semakin banyak orang mulai membuat perubahan tentang bagaimana merayakan peristiwa kehidupan yang penting daripada sebelumnya. 

Pasangan Amerika mengikuti tingkah laku aspek budaya India dalam sebuah pernikahan kemudian pemuda Eropa mulai mengadakan pesta kelulusan bergaya Amerika.

Kita selalu terhubung

Sekarang perubahan dibagikan kepada publik melalui platform komunikasi berbasis kelompok individual massa seperti media sosial, orang dapat mengubah atau mengikuti trend perayaan dengan cara yang tidak pernah terpikirkan bahkan 20 tahun yang lalu.

Agenda kehidupan cepat bergulir melalui media sosial juga dapat memberi satu gambaran tentang bagaimana peristiwa kehidupan pribadi seseorang semakin tersebar berdasarkan kelompok individual di media sosial dengan kata lain foto pernikahan sobat bukan milik sobat lagi tapi sudah menjadi bagian kolektif yang dapat dikomentari sesuka hati.

penulis: Bintang Sihombing
Mohon tulis nama situs ini jika sobat mengambil isi konten blog ini, terima kasih